Jika anda berkunjung ke rumah sakit atau klinik, pasti anda akan dapati banyak alat – alat kesehatan yang tersedia disana. Baik yang sedang digunakan atau yang masih tersimpan di dalam almari. Tahukah anda ada berapa banyak macam dan jenisnya ? Tentu saja banyak sekali. Namun sejatinya kita bisa menjelaskan beberapa jenis alat kesehatan rumah sakit berdasarkan beberapa dasar klasifikasi. Yaitu alat kesehatan Elektromedik, Non Elektromedik dan alat Diagnostic In Vitro.

3 macam alat kesehatan rumah sakit

Selanjutnya pada kesempatan ini Penulis ingin berbagai informasi mengenai 3 macam alat kesehatan yang sudah kita sebutkan diatas tadi dengan menyebutkan contohnya. Inilah 3 jenis alat kesehatan di rumah sakit.

1. Alat Elektromedik

Mendengar kata elektro, apa yang ada di benak anda ? Tentu saja sebuah kata yang berkaitan erat dengan elektronik atau listrik. Memang benar demikian, alat elektromedik adalah alat – alat kesehatan yang menggunakan daya listrik dalam proses pengoperasiannya. Tentunya ada banyak sekali macam dan jenisnya di rumah sakit. Contoh alat ini seperti EKG/ ECG, Defibrillator, ESU, dan banyak lagi yang lainnya.

2. Non Elektromedik

Non Elektromedik merupakan kebalikan dari jenis alat pertama yang kita bahas. Alat – alat non elektromedik di rumah sakit didominasi oleh alat – alat manual seperti alat sekali pakai. Jenis alat ini lebih banyak lagi dari jenis yang pertama. Alat – alat non elektromedik tidak membutuhkan energi listrik dalam pengoperasiannya. Contoh alat ini misalnya infus set, alat suntik, dan alat – alat lain yang sejenisnya.

3. Alat Diagnostic In Vitro

Jenis alat yang ke tiga ini, tidak seperti dua jenis alat yang sudah kita bahas. Alat diagnostic In Vitro yaitu alat – alat kesehatan yang berfungsi untuk mendiagnosa penyakit atau menganalisa sampel – sampel yang nantinya digunakan sebagai dasar diagnosa penyakit pasien oleh dokter. Contoh alat ini juga cukup banyak dan sebagian ada di laboratorium .

Informasi penting untuk anda yang sekarang sedang membutuhkan alat – alat kesehatan seperti yang sudah kita bahas diatas. Anda bisa cari toko alat kesehatan online yang terpercaya yang menjual produk alat kesehatan lengkap.