Dengan popularitas Instagram jadi salah satu media sosial yang masih tetap punya pengaruh sampai saat ini, beragam segi kehidupan orang-orang moderen disentuhnya. Tidak kecuali dunia kuliner yang memang digemari mulai sejak dahulu.
Karena Instagram juga keluar arti kuliner kekinian. Arti ini dipakai untuk mengatakan makanan atau minuman yang tengah viral didunia maya.

Setelah demam masakan Korea di th. 2015 serta bermacam jajanan tepi jalan dari Thailand di th. 2016, th. ini giliran makanan kecil kreasi negeri sendiri yang tengah popular. Walau bagaimanapun, beberapa jajanan baru dari Thailand juga masih tetap disukai.

Berikut ini kami tunjukkan jejeran kuliner kekinian yang digemari beberapa penggemar kuliner Indonesia di th. 2017.

Ayam geprek

Olahan kuliner yang satu ini tengah disukai anak muda, melanjutkan trend kuliner serba pedas yang popular satu tahun lebih terakhir. Makanan ini disenangi beberapa mahasiswa ataupun pelajar karna praktis, enak, serta yang paling penting terjangkau untuk kantong anak kos. Biasanya kita dapat memperoleh sepiring nasi putih, ayam goreng, sambal, serta lalapan dengan harga tidak sampai Rp 15. 000, -.

Bila awalannya ayam geprek hanya dihidangkan dengan sambal bawang dengan level kepedasan yang bermacam, saat ini ayam geprek yang dimodifikasi dengan taburan keju leleh, sambal hijau, atau sambal matah juga diburu beberapa penggemar kuliner.

Saus telur asin

Salted egg sauce atau saus telur asin yang telah lebih dahulu popular di Singapura saat ini juga merambah Indonesia. Bila dahulu saus telur asin identik dengan olahan kepiting, saat ini dapat dihidangkan jadi pelengkap ayam goreng, mi, atau gorengan yang lain.

Saat ini beberapa pelaku bisnis kuliner baru berani tawarkan rice bowl, goreng-gorengan, atau cheesecake dengan saus telur asin. Macamnya belum juga sejumlah Singapura. Namun bukanlah mustahil kurun waktu dekat kita dapat nikmati makanan bertabur saus telur asin yang lebih kreatif. Es cream rasa saus telur asin misalnya.

Banana nugget

Bila satu tahun lebih lalu pisang Pontianak yang dibalut tepung keriting ranyah demikian disenangi, saat ini beberapa penggemar kuliner tergila-gila dengan banana nugget.

Seperti nugget memiliki bahan daging ayam, banana nugget juga dipotong seukuran satu suapan serta dibalut tepung panir renyah. Kemudian ditaburi topping berlimpah. Dari mulai Nutella, kacang almond, keju, remah Oreo, sampai cokelat leleh dalam beragam rasa.

Bola ubi

Jajanan tepi jalan dari Thailand rupanya masih tetap memiliki daya tarik diantara pengagum kuliner. Setelah es cream rol, saat ini bola ubi yang popular.

Makanan yang di kenal dengan nama khanom khai nok krata di negara aslinya ini cukup berlainan dengan gorengan ubi di Indonesia, karna bagian dalamnya berongga.

Tidak hanya bola ubi kuning, saat ini telah banyak penjual makanan kecil yang tawarkan bola ubi ungu atau hijau.

Minuman serba mangga

Potongan mangga yang bertumpuk serta menggunung diatas juice mangga, demikianlah trend minuman serba mangga yang cukup popular di th. 2017 ini. Meskipun bila dipikirkan hal semacam ini sangat aneh serta terasa bertumpuk seperti menelan nasi dengan lauk lontong, tetapi minuman serba mangga ini jadi salah satu trend yang cukup popular di th. ini.

Bermacam gerai minuman baik baru ataupun yang telah ada mulai menjual menu ini pada salah satu pilihan mereka. Bahkan juga Raffi Ahmad juga ikut serta menyemarakkan bisnis minuman ini dengan buka gerainya yang bernama Mango Bomb. Lihat cukup inspirasi ini diduplikasi, tidak tutup peluang pada 2018 yang akan datang trend minuman begini selalu berkembang contoh tumpukan tape diatas juice tape atau potongan mengkudu diatas juice mengkudu.

Makanan serba mozzarella

Keju memang adalah salah satu makanan yang paling popular serta sangat disenangi oleh semuanya kelompok dari mulai tua sampai muda dan makanan dengan cakupan geografis paling luas. Bila di Italia mozzarella sangat erat hubungannya dengan pizza serta pasta, maka hanya di Indonesia kita dapat menemuin lelehan mozarella diatas sambal bawang serta ayam goreng.

Pada 2017 ini, mozzarella memang jadi salah satu bahan uji coba yang cukup favorite di Indonesia. nyaris semuanya panganan cobalah dicocokkan dengan keju ini serta cobalah dimasukkan kedalam imajinasi terliar orang-orang Indonesia.

Bila sebelumnya mozzarella semakin banyak digunakan pada makanan barat maka saat ini juga akan sangat mudah untuk temukan menu bernama ayam geprek mozzarella atau bahkan juga bakso mozzarella. Jangan-jangan pada 2018 yang akan datang mungkin juga akan keluar menu yang lebih uji cobatal sekali lagi seperti lemper mozzarella atau bahkan juga gado-gado mozzarella.

Kue-kue artis
Salah satu kuliner beda yang meroket pada th. 2017 ini yaitu beragam kue serta jajanan yang dipunyai oleh artis. Beragam kue ini rata-rata jadi demikian populer pada 2017 dengan memercayakan beragam sosok artis jadi pemiliknya. Sebut saja Surabaya Patata Oki Setiana Dewi, Bandung Makuta dengan Laudya Chintya Bella, Jogja Scrummy dengan Dude Herlino, Princess Cake Syahrini, Makassar Baklave punya Irfan Hakim, Really Cake punya Prilly Latuconsina, Milvil Manado Mikha Tambayong, serta banyak yang lain.

Dalam promosinya, kue artis ini memercayakan sosok public figure itu agar bisa menarik perhatian. Hal semacam ini memang dapat dibuktikan sukses serta kue-kue ini dapat menarik perhatian beberapa orang yang penasaran tentang rasa dari kue-kue itu. Walaupun demikian, banyak juga nada miring berkaitan kue-kue ini karna rata-rata buka adalah makanan tradisionil dari daerah itu serta hanya tempelkan embel-embel nama daerah dimuka nama kue itu.

Tersebut tujuh kuliner sebagai hits di media sosial dan didunia riil selama 2017 ini. Mari kita saksikan apakah tujuh kuliner tetaplah tetap dapat bertahan serta hits pada th. 2018 yang akan datang.

Sembari menanti, sebaiknya juga kita ngemil makanan lokal yang tidak kalah hits seperti kue apem, lemper, serta beragam jajanan lokal yang lain yang siapa tahu mungkin saja hits juga pada 2018 yang akan datang bila di isi mozarella, dibuat telur asin, digeprek, atau jadikan salah satu pilihan makanan yang dipakai oleh beberapa artis.