Mungkin diantara anda yang sedang membaca tulisan ini sudah mengetahui beberapa macam produk – produk alat kesehatan di rumah sakit. Setidaknya ada tiga macam alat – alat kesehatan yang ada yaitu alat elektromedik, alat non elektromedik dan juga alat diagnostic in vitro. Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak pembaca sekalian untuk mengenal salah satu diantara ketiga alat tersebut yaitu alat diagnostic in vitro.

Pengertian Alat Diagnostik

alat diagnostic

Alat Diagnostik In Vitro adalah alat – alat medis yang ada di rumah sakit yang memiliki spesifikasi khusus yaitu sebagai alat diagnosa penyakit atau alat analisa yang bisa membantu menunjukan diagnosa penyakit pasien. Untuk lebih paham dengan alat tersebut, mari kita lihat beberapa contohnya.

1. Spirometer

Spirometer merupakan alat medis yang berfungsi untuk menganalisa atau bisa juga mendeteksi adanya gangguan pada paru – paru. Cara kerja alat ini adalah dengan membandingkan respon kerja paru – paru pada saat pasien meniupkan napas secara kuat kepada alat tersebut. Dari tindakan tersebut bisa diperoleh data kualitatif yang akan menunjukan kondisi paru – paru pasien. Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, alat spirometer sekarang mudah didapatkan. Terlihat dari banyaknya supplier alat medis yang jual spirometer dengan berbagai macam tingkatan harga.

2. Hematology Analyzer

Sebuah alat cek darah yang bisa digunakan dalam waktu yang singkat yang berfungsi untuk mengidentifikasi adanya penyakit yang menyebabkan hilangnya keseimbangan sel – sel darah disebut dengan analisa hematology. Sekarang alat ini bisa digunakan dalam waktu yang sangat singkat. Alat ini juga termasuk dalam bagian alat diagnostic in vitro yang memiliki fungsi sama seperti alat yang kita bahas pertama yaitu sebagai alat diagnosa penyakit.

3. Diagnotic SET

Tidak hanya alat – alat canggih tersebut, ada juga seperangkat alat medis yang bukan merupakan satu alat unit berat namun memiliki fungsi sebagai alat diagnosa penyakit paien. Apa itu ? Alat ini biasanya dinamakan Diagnostic SET. Alat ini terdiri dari beberapa macam dan jenis seperti otoskop, optalmoskop dan alat lain yang sejenis dengan alat tersebut.