Alat Kesehatan dan Fungsinya

Kita mengenal beberapa jenis alat kesehatan yang ada di rumah sakit. Setidaknya ada tiga macam alat kesehatan yaitu elektromedik, non elektromedik dan alat diagnostic in vitro. Ketiga macam alat ini memiliki karakteristik sendiri – sendiri sehingga bisa dikelompokkan menjadi tiga jenis alat. Alat non elektromedik merupakan kebalikan dari alat elektromedik, yaitu alat – alat yang bekerja dengan menggunakan atau membutuhkan energi listrik. Ada banyak sekali macamnya dan beberapa caontohnya bisa anda lihat dibawah ini.

1. Lampu Operasi
Sebagaimana kita tahu ruangan operasi merupakan satu ruang yang berfungsi untuk melakukan tindakan operasi (pembedahan) pasien. Untuk itu disini perlu ditunjang dengan alat – alat khusus, dan salah satunya adalah lampu operasi. Lampu ini berfungsi untuk memberikan penerangan pada tim medis pada saat melakukan operasi pada pasien.

2. Pasien Monitor
Tentu anda mengetahui sebuah monitor yang biasanya terletak di samping ranjang pasien atau diatas almari kecil pasien. Monitor ini juga biasanya berada di ruang ICU, tidak di ruang rawat inap biasa. Fungsi monitor pasien adalah untuk memantau kondisi kesehatan fisik pasien yang belum stabil. Dengan alat ini, perawat yang atau dokter akan lebih mudah dalam melakukan pemantauan kesehatannya.

3. Syringe Pump
Pompa Syringe atau Syringe Pump merupakan alat yang berfungsi untuk mengontrol laju aliran cairan di dalam alat suntik yang diberikan kepada pasien. Terkadang pasien membutuhkan obat dengan dosis tertentu dalam waktu tertentu. Apabila ini diberikan dengan cara manual, sulit karena harus tepat waktunya. Oleh karena itu digunakan alat tersebut. Alat syringe pump ini biasanya digunakan di ruang ICU, untuk ruang rawat inap biasa, digunakan alat suntik manual biasa.

4. EKG
ECG (Electrocardiograph) merupakan alat yang berfungsi untuk merekam aktifitas otot jantung dan mengubahnya menjadi sebuah grafik yang disebut elektrokardiogram. Data hasil rekam EKG digunakan oleh dokter untuk menganalisa ada dan tidaknya kelainan pada aritma jantung pasien.

Itulah beberapa contoh alat elektromedik yang ada di rumah sakit. Ini merupakan sebagian kecil alat yang setidaknya ada di rumah sakit. Demikian saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga bisa bermanfaat.