Pertama kali saya menemukan website belajar menulis saat saya bingung mencari referensi tentang tatacara meningkatkan r-squared untuk data regresi penelitian. Saya sempat putus asa karena hampir seluruh artikel di internet sama semua, dan mereka hanya mengganti kata-kata atau pharaphrase untuk mengelabui google agar artikel terlihat unik dan berbeda.

Pencarian saya terbayar saat saya menemukan artikel dalam website belajar menulis yang menceritakan tentang tutorial statistik dan pekarangan. Saya membaca artikel yang ditulis dengan sangat rinci dan saya dapat mengikutinya dengan baik. Saya sangat apresiasi bagaimana penulis berusaha menjelaskan materi dengan sangat terstruktur dan tidak mudah melebar kemana-mana seperti pada umumnya. Pembukaan artikel pun singkat tanpa bertele-tele seperti blogger yang mengejar jumlah kata dalam satu artikel agar terlihat panjang.

bimbingan statistik

contoh email balasan dari website belajar menulis

Bimbingan statistik berbeda dengan jasa olah statistik pada umumnya. Selain mahal, pengolahan jasa statistik berorientasi pada hasil. kita kirim data dan mereka mengolahnya kemudian mengirim kembali ke pelanggannya. Sedangkan bimbingan statistik merupakan diskusi bersama terhadap data yangkita miliki. Mirip sekali dengan bimbingan dosen, namun disini kita bisa bebas mengutarakan permasalahan dan penulis sangat kooperatif.

Ada satu kejadian dimana saya tetap mengalami kesulitan saat mengikuti instruksi penulis website belajar menulis. Saya menggunakan regresi logistik dan tak ada satupun variabel yang signifikan terhadap variabel independennya. Kemudian saya menjumpai bahwa website tersebut ternyata menyediakan program bimbingan statistik. Pada saat itu, sudah ada pengumuman di website namun belum buka pendaftarannya. Karena terkejar deadline, saya beranikan  diri untuk mengirim email dan menceritakan permasalahan saya. Diluar dugaan, saya mendapatkan balasan di hari yang sama dengan solusi yang tidak pernah saya bayangkan. Ternyata cara penyajian data yang saya olah di software spss terdapat kesalahan sehingga terjadi kesalahan proses. Selain itu, data yang saya miliki ternyata masih sangat jauh dikatakan cukup karena memiliki bauran yang tidak seimbang antara nilai 1 dan nilai 0 pada variabel dependen nya.

Meskipun tidak menghasilkan output yang saya harapkan, namun saya pengetahuan saya bertambah tentang apa yang harus saya lakukan untuk memperbaiki data dan memprosesnya. Bimbingan statistik pada website ini sangat saya rekomendasikan bagi teman – teman yang memiliki permasalahan yang sama.

linknya sebagai berikut: Bimbingan Statistik