Indonesia Negara Multikultural

Budaya Indonesia

Negara indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan sangat melimpah. Salah satunya yang sangat terkenal yakni kebudayaannya. Tidak diragukan lagi bahwa negara indonesia menjadi negara multikultural atau memiliki banyak budaya. Bahkan, banyak kebudayaan indonesia yang diberikan pengakuan oleh UNESCO.

Sebagai anak bangsa sudah seharusnya kita merasa bangga dan pede menjadi bangsa yang kaya. Salah satu bukti kecintaan kita terhadap ibu pertiwi dengan senantiasa menjaga kebudayaan tersebut agar tetap lestari. Menjaga tidak bisa hanya dengan lisan saja akan tetapi perlunya tndakan serta langkah-langkah yang pasti guna merawat budya sendiri. Berikut ini macam-macam budaya indonesia yang banyak dikenal masyarakat dunia.

Budaya indonesia yang terkenal:

  1. Reog ponorogo

Reog ponorogo merupakan kesenian berupa tarian yang berasal dari daerah jawa timur. Tarian ini biasanya memiliki tokoh yang sangat terkenal yakni warok dan gemplak. Tarian reog salah satu tarian yang aktif dan lebih berkesan salah satunya tarian ini aktif berinteraksi dengan penonton. Bahkan, sering kali mengajak penonton untuk ikut melakukan tarian ini. Tarian ini menggunakan topeng cara pemakaiannya dengan digigit.

  1. Tari kecak

Tarian ini merupakan tarian yang berarti api dan berasal dari pulau bali. Tari kecak memiliki tokoh utama yakni rama dan sinta. Selain itu, tarian ini merupakan tari yang cukup terkenal bagi turis asing karena dengan keunikannya.

  1. Batik

Batik merupakan gambaran ataupun goresan pada kain yang putih kemudian diberikan malam dan warna tertentu untuk memperindah gradasi yang kaya warna. Batik bisa dijumpai diseluruh wilayah indonesia karena setiap wilayah memiliki perbedaan dalam motif pembuatan batik.

  1. Wayang

Berbentuk tipis dan pipih yang satu ini merupakan salah satu budaya kebanggaan indonesia. Wayang identik dengan suatu cerita dan alunan musik yang menemaninya. Hal tersebut, menjadikan banyak tulis asing mengoleksi wayang dalam bentuk sovenir dan barang yang identik dengan wayang.

  1. Angklung

Alat musik yang terbuat dari bamb ini merupakan salah satu yang paling membekas di hati para turis. Mendengar suara dan alunan musik yang saling bergoyang  dan membuat instrumen yang unik lagi alami mejadikan siapa saja terhanyut dengan alunan nada dan tangga lagu yang dimainkannya.