Kejadian Gerhana Bulan

Gerhana Bulan Total

Keindahan alam akan menjadikan seiapa saja akan terpengadah kagum dibuatnya, alam merupakan salah satu ciptaan serta kuasa Alloh SWT untuk menjadikan suatu pelajaran bagi umat manusia bahwa tiada daya dan upaya untuk membuat atau mungkin sekedar menyaingi makhluk kuasa tuhan. Sering kali di berbagai sudut bumi baik itu di negara indonesia atau negara luar terjadi fenomena yang sangat langka dan sebagiannya lagi terasa begitu indah untuk dilihat serta dirasakan. Saat ini publik digemparkan dengan adanya gerhana bulan total atau sering disebut sebagai super blue blood moon. Fenomena alam tersebut diperkirakan akan terjadi pada malam hari tepatnya tanggal 31 januari 2018 jam17.50 sampai 23.10 WIB.

Menjadi kebanggaan tersendiri bahwa dari kisaran 114 negara ternyata fenomena langka ini terjadi di indonesia, selain itu indonesia menjadi negara yang sangat jelas untuk melihat gerhana tersebut mesti dengan mata telanjang. Walaupun begitu masyarakat indonesia perlu berhati-hati tentang resiko yang mungkin dapat terjadi karena melihat blood moon secara langsung. Selain itu dampak yang sangat terasa dengan adanya gerhana bulan menjadikan pasang air laut menjadi semakin tinggi serta akan terjadi pada beberapa wilayah khususnya di indonesia, seperti sebagian di pulau sumatra, kalimantan dan jawa, Hal tersebut harus menjadi kewaspadaan bagi warga sekitar pesisir pantai. Selain hal itu untuk perlu mewaspadai bahayanya melihat gerhana bulan secara langsung, sinar gerhana bulan yang membus langit bumi sering disebur sebagai solar retinopathy serta sinar ultraviolet akan sangat berbahaya sinar tersebut dapat merusak retina mata jika terlalu memaksakan diri untuk dapat melihat fenomena tersebut secara langsung. Terlebih ketika cahaya bulan mulai terlihat setelah bulan tertutupi oleh suatu bayangan yang berwarna hitam akan sangat berbahaya karena kejadian tersebut merupakan fase total kejadin gerhana bulan.

Kejadian tersebut harus membuat setiap masyarakat indonesia agar lebih berhati-hati ketika berada disekitaran pantai bahkan bagi sejumlah keluarga yang tengah berlibur ke pantai. Lebih baik berhati-hati daripada terjadi sesuatu yang tidak di inginkan. Serta tidak lupa agar jangan terlalu memaksakan diri untuk melihat gerhana bulan dengan mata telanjang karena akan berakibat fatal.