penangkal petir grouding

Kriteria Grounding Alat Penangkal Petir

Saya yakin, sebagian besar dari pembaca sudah sangat sadar bahwa memasang penangkal petir adalah keharusan agar terhindar dari dampak buruk dari petir tersebut. Mulai dari kebakaran hingga meninggal dunia. Tentu saja kita tidak ingin mengalami hal tersebut.

Itulah kenapa perlu kita sadari sejak dini untuk memasang penangkal petir di rumah-rumah, kantor ataupun gedung yang cukup tinggi. Selain menghindari korban jiwa, tentu saja kita juga menghindari korban materi.

Nah, pada tulisan ini, kami ingin berbagi informasi bagaimana cara memasang penangkal petir yang benar (tentu saja jika anda ingin memasangnya sendiri). Walaupun sebenarnya banyak sekali jasa pasang penangkal petir dengan harga yang relatif murah. Salah satunya di : http://instalasipenangkalpetir.com/

Agar penangkal petir bekerja dengan baik, tentu saja kita harus melakukannya dengan benar. Ada standar pemasangan yang harus kita ikuti. Seperti ukuran kawat, nilai resistensi dari Grounding serta tinggi dari ujung penangkap petinya. Semuanya harus dihitung dan diperhatikan.

Beberapa tahapan yang harus diikuti saat memasang penangkal petir adalah beberapa hal berikut ini:

Pembuatan Grounding (Penting untuk anda perhatikan)

Grounding berguna untuk melepaskan arus petir ke tanah. Dan tentu saja harus mengikuti ukuran dan standar yang ada. Sehingga bisa melepaskan arus yang dibawa petir dengan baik dan optimal. Perlu anda ketahui, tekstur tanah sangat besar pengaruhnya pada cara pemilihan grounding yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa kriteria tanah yang biasanya akan kita pasang grounding penangkal petir :

  • Grounding untuk tanah dengan kandungan garam yang cukup tinggi
  • Grounding untuk jenis tanah dengan kandungan air yang juga relatif tinggi.
  • Grounding untuk bentuk tanah dengan tingkat keasaman yang sangat tinggi.

Sementara itu, untuk kedalaman grounding yang akan dipasang sangat tergantung pada nilai resistensinya. Nilai resistensi yang baik itu apabila berada dibawah 5 Ohm. Jika masih diatas 5 Ohm, maka harus terus digali lebih dalam.

Masing-masing daerah, memiliki kedalaman yang berbeda untuk mencapai nilai dibawah 5 Ohm tersebut. Ada yang ukuran 4 meter sudah memenuhi syarat tersebut. tapi ada juga daerah yang harus menggali lebih dari 15 meter baru menemukan nilai resistensi yang optimal.

Memang, sebenarnya sebaiknya untuk pemasangan alat penangkal petir ini diserahkan pada konsultan yang sudah ahli. Tidak saja ahli, tetapi juga sudah berpengalaman. Sehingga mereka bisa mengantisipasi masalah yang seringkali dihadapi dilapangan. Karena beda tanah, tentu beda masalah dan penanganannya.

Itulah beberapa hal yang harus anda ketahui ketika anda ingin memasang alat penangkal petir dirumah maupun di Gedung kantor anda. Selamat mencoba.