Penggunaan smartphone sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari-hari di seluruh dunia. Smartphone digunakan untuk berbagai hal, mulai dari berkomunikasi, bersosial media, berselancar di internet, sampai untuk bekerja. Tapi tahukah anda, bahwa ada saat yang harus dihindari untuk menggunakan smartphone? Jika jawabannya ketika menyetir atau mengemudikan kendaraan, tentu saja semua orang sudah tahu, karena bisa membuat diri sendiri dan orang lain celaka. Ada lagi loh saat yang memang harus dihindari, yang jarang terpikirkan oleh banyak orang, yaitu menggunakan smartphone ketika akan tidur. Memangnya kenapa harus menghindari menggunakan smartphone ketika akan tidur? Karena akan mengganggu kenyenyakan tidur, sehingga tidur anda menjadi tidak berkualitas, dan anda akan terbangun tidak dalam keadaan segar. Lalu hal apa saja yang harus dihindari dari smartphone ketika akan tidur? Ini dia penjelasannya.

1. Membuka Sosial Media

Membuka sosial media memang mengasikkan, banyak hal yang bisa dilihat di sosial media. Ada status teman-teman, foto liburan dan tempat menarik, artikel seru yang dishare teman, hingga balas-balasan komentar. Tapi membuka sosial media bisa sangat menghabiskan waktu, tanpa sadar anda akan terus melakukan scroll ke bawah. Hal ini tentu membahayakan, karena akan memakan waktu tidur anda. Tanpa sadar tahu-tahu sudah satu atau dua jam berlalu, dan waktu tidur anda menjadi berkurang, yang tadinya anda bisa tidur selama delapan jam menjadi hanya enam jam saja, bahkan bisa kurang dari itu.

2. Bermain Game

Bermain game adalah salah satu yang harus dihindari dari smartphone ketika akan tidur. Bermain game di smartphone memang menyenangkan, karena mudah dan tidak ribet, semua bisa dimainkan hanya dalam genggaman. Seringkali bermain game membuat orang menjadi penasaran, sehingga sulit berhenti. Karena hal ini, bermain game bisa membuat orang lupa waktu, dan jika dimainkan ketika akan tidur, akan membuat waktu tidur berkurang. Tanpa sadar sudah beberapa jam berlalu. Belum lagi rasa penasaran akan terus terbawa, bahkan ketika game sudah dimatikan, sehingga akan membuat anda sulit tidur. Jadi hindarilah bermain game di smartphone ketika akan tidur.

3. Berselancar di Internet

Anda pasti sudah tahu bahwa berselancar di internet pun bisa sangat menghabiskan waktu. Saking menyenangkannya, bisa membuat pengguna smartphone menjadi kesulitan untuk berhenti berkunjung ke berbagai website. Karena hal inilah maka berselancar di internet harus dihindari untuk dilakukan ketika anda akan tidur. Awalnya mungkin hanya iseng ingin mencari berita ringan, kemudian penasaran ingin mencari berita lanjutannya, dan tanpa sadar anda telah menghabiskan waktu 3 jam. Wah sayang sekali kan, waktu tidur anda berkurang hanya karena anda iseng berselancar di internet, yang bahkan tidak ada hubungannya dengan pekerjaan anda. Besoknya anda akan terbangun dengan tidak segar dan mengantuk.

Demikian hal yang harus dihindari dari smartphone ketika akan tidur. Untuk artikel teknologi lainnya, bisa anda baca di www.kitatv.com. Semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih sudah menyempatkan diri membaca artikel ini.