Harry Hoxsey- namanya mungkin tidak terlau dikenal oleh masyarakat luas. Tapi perannya dalam dunia kanker pernah sangat penting. Harry adalah seorang praktisi medis herbal yang telah menyembuhkan ratusan pasien kanker pada masanya. Obat herbal tersebut ditemukan dan di ramu sendiri oleh keluarganya. Sayang sekali, praktik tersebut dianggap ilegal (karena mempraktikan ilmu kedokteran tanpa surat izin) dan Harry harus menghabiskan sisa hidupnya dengan berbagai macam pelecehan.

Kisah Ditemukannya Obat Kanker Herbal oleh Keluarga Harry Hoxsey

Pada abad ke-19, kakek buyut Hoxsey menemukan tumbuhan yang diklaim dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit kanker. Sekitar tahun 1840, John Hoxsey menderita sakit kanker (dan harapan hidupnya sangat tipis). Tapi kemudian kuda itu sehat dengan craa yang manjubkan. Ia memakan tumbuhan (semacam rumput liar) di sebuah sudut lapangan rumput yang akhirnya membuat ia sembuh total dari penyakit kanker yang dideritanya.

Kemudian diolahlah tumbuhan itu, dikembangkan menjadi tonik herbal dan juga formula bubuk (yang bisa dibubuhkan pada tumor atau luka luar). Ketika kakek buyutnya meninggal, ia menurunkan resep obat-obatan itu pada anaknya (yaitu ayah Harry Hoxsey). Ketika Ayahnya diambang kematian, ia memberitahu Harry soal obat antikanker tersebut. Dan ketika usia Harry 18 tahun, ia sudah terbiasa dengan obat antikanker itu, ia mengerti betul dosis yang harus digunakan bahkan terampil membubuhkan formula bubuknya pada kanker kulit. Ayah Harry mendirikan klinik tidak resmi untuk pengobatan kanker.

Harry Hoxsey

Kegagalan Harry Menjadi Dokter Spesialis Kanker

Setelah Ayahnya meninggal,  Harry mengambil alih tanggung jawab Ayahnya sekaligus menggantikan  peran Ayahnya. Ayahnya berpesan untuk melanjutkan tradisi keluarganya (meneruskan pengobatan kanker dengan obat herbalnya).

Harry bekerja keras, untuk menghidupi Ibunya dan juga untuk menjadi Dokter. Memuat klinik untuk menyembuhkan penyakit kanker dengan obat herbal adalah ilegal (karena bertolak dari dunia medis), untuk itu piki Harry supaya ia bisa melanjutkan  tradisi keluarganya maka ia harus menjadi dokter, supaya mendapatkan legalitas.

Demi menjadi seorang dokter, Harry menghentikan pengobatan sampai ia menjadi dokter dan mendapatkan legalitas. Tapi sayang, suatu ketika teman ayah Harry meminta Harry untuk melakukan pengobatan, demi kemanusiaan Harry tidak bisa menolaknya. Dan kisah sukses Harry dalam menyembuhkan kanker mencuat ke publik, sehingga sebagai konsekuensinya, mimpi Harry untuk menjadi dokter menjadi sangat tipis. Serikat kedokteran di Amrika membalacklist nama Harry. Harry tidak dibolehkan  kuliah di semua sekolah kedokteran di Amerika.