Belanja Online Lebih mudah

Teknologi terus merambah dalam berbagai bidang di kehidupan manusia. Tak terkecuali dalam pemenuhan kebutuhan hidup seperti sandang, pangan, dan papan. Kita harus mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya dengan belanja online. Mengapa demikian?

Sebab belanja online dapat memudahkan Anda mengakses barang yang Anda inginkan dalam satu genggaman. Anda dapat menghemat waktu dan biaya yang akan Anda keluarkan. Karena pada umumnya, toko-toko online suka memberikan diskon atau bahkan voucher gratis kepada pelanggan setianya. Terlebih, Anda dapat membandingkan harga dari beberapa toko dengan waktu yang singkat. Sehingga Anda dapat mengatur jumlah pengeluaran yang akan Anda lakukan.

Masalah waktu, tentu inilah hal terpentingnya. Pasti Anda di sibukkan oleh berbagai aktifitas keseharian baik bekerja, mengurus rumah, anak atau bahkan bisnis. Belanja ke supermarket maupun pasar akan sangat menyita waktu Anda. Baik karena kemacetan di jalan, mencari barang di beberapa toko dan lantai, serta mengantri saat pembayaran. Hal ini dapat Anda cegah dengan belanja online.

Anda dapat memanfaatkan gadget Anda sebagai keranjang belanja Anda. Cukup dengan mengetik keyword “barang yang Anda inginkan” pada alat pencari google, Anda akan disuguhkan segudang toko yang menyajikan barang kebutuhan Anda. Anda dapat belanja sepuasnya hanya dengan meng-klik layar pada handphone Anda. Terlebih kini banyak ekspedisi yang menyiapkan kurir untuk mengantar barang Anda hingga sampai ke rumah. Jadi, Anda dapat menghemat biaya dan waktu Anda demi keluarga tercinta.

Namun, Anda pula harus memperhatikan beberapa kerugian yang akan Anda alami jika berbelanja online, antara lain:

  • Barang tidak original

Hal ini sudah menjadi rahasia umum. Banyak beberapa toko yang menyajikan barang palsu dengan foto dan deskripsi produk original. Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan omzet usahanya. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan baik-baik jenis barang serta toko tempat Anda memesan produk. Jangan serta merta karena iming-iming harga yang terjangkau, sebab barang original akan setara dengan harga yang rasional.

  • Kerusakan barang

Kerugian yang kedua ini umum terjadi karena beberapa alasan seperti kecerobohan manusia maupun faktor lingkungan. Barang yang Anda pesan akan diantarkan oleh kurir, biasanya hal ini bisa terjadi saat pengiriman. Saat staf ekspedisi maupun sang kurir tidak memperhatikan jenis barang, maka barang yang Anda pesan dapat rusak karena tertimbun oleh barang berat lainnya. Bisa juga hal ini terjadi saat proses pengemasan oleh pihak toko, kecerobohan dalam menganalisa setiap barang yang akan di distribusikan bisa menjadi kerugian pada Anda. Faktor lingkungan seperti hujan dan banjir juga dapat mempengaruhinya. Rusaknya barang dapat terjadi karena air masuk ke dalam paket kiriman Anda.

  • Menunggu barang datang

Barang yang di kirim dari toko jumlahnya cukup banyak. Terlebih jarak tempuh antara toko dengan alamat Anda cenderung memakan waktu yang cukup lama sehingga Anda akan dibuat menunggu oleh kurir. Berbeda halnya jika Anda belanja di supermarket ataupun pasar, karena jika disana Anda akan mendapatkan barang yang Anda butuhkan secara langsung tanpa menunggu waktu yang lama lagi.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda jadikan refrensi dalam belanja online. Meskipun memiliki kerugian, tentu keuntungannyalah yang pasti Anda harapkan. Jangan segan untuk menjadi bijak dengan memanfaatkan internet. Belanja online simple, mudah dan hemat.