Bayi Sehat Diberi Makanan Sehat

Makanan Pendamping ASI

Saat yang paling membahagiakan bagi pasangan suami dan istri yakni ketika melihat buah  hati lahir dengan selamat dan sehat. Momen tersebut sangat dinantikan dan membahagiakan bagi setiap pasangan. Penantian dan harapan untuk segera memiliki momongan akhirnya telah tercapai. Rasa syukur dan raut kebahagiaan tergambar jelas dari pasangan tersebut. Kelahiran anggota baru menjadikan keluarga semakin bertambah harmonis, setatus baru ikut melekat pada pasangan tersebut karena sudah menjadi orang tua.

Semua hal dan apapun caranya akan dilakukan oleh orang tua untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga termasuk kebutuhan buah hati. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan yang terbaik untuk anak tercinta, termasuk kebutuhan makanan. Apalagi kebutuhan makanan yang bergizi bagi buah hati menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan karena pada masa itu merupakan masa perkembangan semua organ tubuh terutama otak. Asupan yang sangat baik untuk anak berupa air susu ibu (ASI), namun semakin anak mengalami pertumbuhan harus diberikan makanan pendamping ASI. Makanan tersebut sangat berpengaruh terhadap proses perkembangannya sampai ia beranjak dewasa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mengatakan bahwa masa anak-anak merupakan masa emas untuk meningkatkan kemampuan otak, sensorik dan motoriknya.

Orang tua yang bijak akan memberikan makanan yang baik dan bergizi terutama bagi anak yang usianya kisaran 3 bulanan. Menurut soetjiningsih (1991) mengatakan bahwa makanan tambahan diberikan pada usia 0-2 bulan dengan prosentase 70,3 % dari porsi yang ada. Sedangkan menurut setyowati (1999) sekitar 41 % bayi berumur kurang dari 4 bulan diberi makanan pendamping ASI. Usia tersebut anak sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI. Maka dari itu sangat penting bagi orang tua terutama ibu mengetahui makanan pendamping ASI yang sehat dan bergizi. Awalnya anak akan belajar mengonsumsi makanan padat, perlu diingat bahwa belajar makan sebenarnya memberikan makanan dengan bertahap. Itu semua untuk melatih pencernaan bayi agar siap mengonsumsi makanan padat. Berhati-hatilah jika memberikan makanan pada anak bisa jadi anak akan memuntahkannya kembali karena pencernaan si kecil belum siap.

Ada banyak jenis makanan pendamping ASI yang dapat diberikan pada si kecil diantaranya nasi yang telah dihaluskan, bubur beras merah, buah-buahan yang lunak. Menurut wiryo 1998 mengatakan bahwa makanan padat seperti pisang, bubur tepung, campuran nasi pisang,nasi yang dihaluskan. K Bubur beras merah merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk dijadikan makanan endamping ASI berupa bubur beras merah (grosir beras merah). Beras merah aman dikonsumsi balita dan sangat baik untuk perkembangan otak, saraf serta tulang belakang buah hati.