Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, tenaga dalam merupakan energi positif yang terkandung di dalam diri setiap manusia. Kekuatannya melebihi tenaga yang ada di luar berupa aktivitas kegiatan sehari-hari. Dengan pengolahan yang tepat, tentu akan memberikan banyak manfaat di kehidupan manusia itu sendiri. Selengkapnya, mari ikuti penjelasan berikut ini.

Sebagai Proteksi Diri
Sebagai energi positif yang ada di dalam tubuh, tenaga dalam yang dibangkitkan dan dikelola dengan benar secara otomatis akan memberikan proteksi bagi diri dari energi negatif yang datang dari luar. Hebatnya lagi, tenaga dalam akan mampu menetralisir setiap energi negatif yang akan masuk ke dalam tubuh.

Membantu Menyembuhkan Penyakit Jasmani dan Mental
Karena sifatnya yang murni dan merupakan energi kehidupan, tenaga dalam bisa digunakan untuk membantu penyembuhan berbagai penyakit Jasmani. Penyakit jasmani akan muncul ketika terjadi gangguan pada mekanisme peredaran energi. Melalui latihan yang benar atau melalui gemblengan dari seorang guru, tenaga dalam akan mampu memperkuat daya tahan tubuh dari berbagai sumber penyakit fisik.

Pemanfaatan tenaga dalam untuk membantu penyembuhan penyakit mental merupakan hal yang sudah banyak digunakan saat ini. Penyakit mental berasal dari energi negatif yang mempengaruhi alam bawah sadar manusia, yang akhirnya memunculkan berbagai penyakit psikis. Dengan tenaga dalam, energi-energi negatif tersebut akan dinetralisir sebelum atau ketika sudah sampai di dalam pikiran. Di alam bawah sadar, energi negatif akan dirubah menjadi energi positif yang membantu percepatan penyembuhan penyakit mental.

Untuk meningkatkan kecerdasan
Keseimbangan jasmani dan mental yang dipicu oleh energi positif akan mempermudah saat melakukan konsentrasi. Dan tentu saja dengan kemampuan konsentrasi yang tinggi akan meningkatkan kepekaan dalam mempelajari berbagai hal. Tenaga dalam memiliki peran yang sangat besar dalam menyeimbangkan antara fisik dan psikis.

Membantu penyembuhan orang lain
Tenaga dalam yang sudah dilatih dengan benar dapat dimaksimalkan untuk membantu penyembuhan orang lain. Energi yang memiliki sifat tidak terhalang ruang dan waktu, bisa ditransfer kepada oranga lain baik yang ada disekitar kita ataupun yang berjarak cukup jauh.

Begitu banyak manfaat dari tenaga dalam ini dalam kehidupan. Namun perlu pengetahuan dalam membangkitkan dan mengolahnya secara maksimal. Di Nusantara sangat banyak perguruan tenaga dalam yang tumbuh dan berkembang dari zaman dahulu. Tentu saja selalu muncul penemuan dan metode baru yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman, walaupun intinya sama.