Masjid Baitul makmur jepara Jawa Tengah

Masjid Baitul makmur jepara Jawa Tengah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,selamat pagi, di pagi yang cerah ini dan keadaan yang sehat walafiat. Oke,di artikel ini masih membahas di seputar beberapa masjid di wilayah indonesia. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah masjid yang terletak di jepara jawa tengah yaitu masjid agung baitul makmur.

Dulunya masjid ini memilik atap yang bersusun 5, Dengan mempunya ciri arsitektur tiongkok, namun karena direnovasi tanpa memperhatikan sejarahnya akhirnya bentuk aslinya pun diubah sekarang yang atapnya hanya tersusun 2. Masjid agung jepara ini terletak di sebelah selatan alun-alun kota jepara tepatnya di desa kauman, kecamatan jepara, kabupaten jepara. Apa ada yang tau kapan masjid agung jepara ini dibangun?

Yup,masjid agung jepara ini dibangun pada masa pangeran arya jepara. pangeran arya jepara yaitu anak angkat dari ratu kalinyamat, masjid agung jepara saat itu dibangun ketika perpindahan pusat pemerintahan kerajaan kalinyamat dari peta kalinyamat ke jepara. Bangunan masjid ini pernah mengalami renovasi sebanyak 3 kali dikarenakan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan akan banyaknya jamaah. Saat memasukki lingkungan masjid ada sebuah gapura dengandua pilar puncaknnya berupa limasan dan keduanya dihubungkan oleh tembok datar dibagian atas dan lengkung bagian bawahnya.

Dulu masjid ini semuanya berbahan dasar kayu jati yang simple, setelah itu direhab dan diperbesar bangunan masjid baitul makmur ini konstruksinya berubah menjadi proton dan berdinding tembok seperti masjid modern saat ini. namun ada beberapa bagian bangunan masjid yang masih menyisakan kegunaannya dengan menggunakan bahan kayu jati. Sebagai contoh ruang masjid bagian depan plafonnya terbuat dari kayu jati lembaran yang di politur berkilat. Bagian yang bernuansa akan ukiran kayu adalah plafon serambi luar yang bisa kita lihat dari bawah akan terlihat bentuk ukiran yang indah. Ukurannya pun beragam ada yang bernuansa kan bunga seperti ukiran asli jepara ,namun ada pula yang berbentuk tulisan arab yang dapat kita lihat di bagian pintu dan jendela.

Masjid agung baitul makmur jepara yang sering dikunjungi para warga dan wisatawan atau peziarah ini tentu butuh perhatian agar semakin berkembang meski belum dikembangkan masjid ini sering dikunjungi selain untuk beribadah juga untuk melihat ukiran kayu yang berada di dalam masjid apalagi pasca dikembangkan nantinya.

Sehingga jika pememerintah kabupaten jepara merenovasi masjid lebih baik masih jangan dibentuk dengan arsitektur modern tetapi alangkah baiknya dibentuk dengan arsitektur masjid agung baitul makmur pada tahun 1660 M. selain memberikan sejarah masjid agung baitul makmur jepara juga dapat menambah wawasan tentang keislaman. Masjid Agung ini dapat menampung jamaah lebih banyak sebab memiliki 2 lantai dan juga memiliki arsitektur yang sangat menarik dengan seni yang mengagumkan.

Ukiran kayu jati di dalam masjid agung ini memang sangat mencolok dan menjadi daya tarik tersendiri yang cukup memukau para wisatawan dan peziarah yang datang ketempat masjid tersebut. ada juga fasilitas hot spot yang disediakan diseputaran masjid agung jepara ini. Saat ini Masjid agung jepara depannya memiliki sebuah tugu bertuliskan arab atau kaligrafi terbuat dari tiang beton yang indah dan juga indah. Masjid agung yang satu ini sangat digemari para wisatawan atau berziarah yang sekedar melakukan ibadah  maupun menambah wawasan tentang islam. Dengan ciri khas kota jepara dengan kerajinan kayu jatinya. sebagian arsitektur dari masjid agung jepara ini memiliki ukiran kayu yang sangat mewah dan megah.