Tapi bukannya mendapatkan modal justru ia menerima penolakan dan diremehkan serta dianggap tidak realistis terhadap mimpinya. Penolakan tersebut tidak membuatnya gentar, justru ia semakin gencar mencari jalan keluar terhadap persoalan yang dihadapinya tersebut. Tak dinyana, penolakan demi penolakan yang ia terima di awal mendirikan bisnis ini, ternyata berbuah manis.

Tokopedia justru mendapatkan kucuran dana segar dari investor baik lokal maupun internasional setiap tahunnya. Diawal berdirinya Tokopedia, ia mendapatkan seed funding (pendanaan awal) dari investor lokal yaitu PT Indonusa Dwitama. Lalu di tahun 2010 Tokopedia kembali memperoleh kucuran dana dari investor asing seperti East Ventures. Selanjutnya secara berturut-turut Cyber Agent Ventures di tahun 2011, Netprice di tahun 2012 dan SoftBank Ventures Korea di tahun 2013.

Tokopedia berhasil membukukan rekor sebagai perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara dengan menerima investasi dari investor Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc. (SIMI) sebesar US$100 juta atau sekitar Rp1,2 triliun. Puncaknya adalah saat Tokopedia kembali mendapatkan investasi sebesar US$147 juta atau sekitar Rp1,9 triliun pada April 2016.

Pencarian Modal Dari Investor Untuk Usaha

Yang terbaru adalah kucuran dana dari Alibaba Group senilai US$1,1 miliar atau sekitar Rp14,7 triliun tepat di hari ulang tahun ke delapan Tokopedia pada 17 Agustus 2017 lalu. Dengan demikian, Tokopedia berhasil mencatatkan diri sebagai startup unicorn di Indonesia dengan valuasi nilai yang telah mencapai lebih dari US$1 miliar.

Kini, Tokopedia berhasil menjadi C2C terbesar di Indonesia. Berdasarkan data dari SimilarWeb sejak April hingga Agustus 2017, jumlah pengunjung rata-rata per bulan mencapai 89,84 juta orang pengunjung. Berdasarkan data SimilarWeb, Tokopedia menjadi situs terpopuler ke tigabelas di Indonesia. Sedangkan versi Alexa Tokopedia menduduki peringkat ke enam dalam situs terpopuler di Indonesia.

Misi MIsi Sosial Dari Tokopedia

Selain keberhasilan-keberhasilan yang menawan hati investor, Tokopedia juga memiliki mimpi dan misi sosial. Tokopedia ingin membangun produk yang bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat. Seperti menciptakan kesempatan dan lapangan pekerjaan baru.

Tokopedia ingin membangun tim dimana mereka berkesempatan untuk menyaksikan dan menjadi bagian dari evolusi perusahaan teknologi terdepan di dunia. Bermitra dengan institusi yang dapat menggali potensi terbaik dari para pengusaha yang sedang mengembangkan bisnisnya adalah impian kedua pendiri Tokopedia. Oleh sebab itu, Tokopedia menjadikan tim terbaik sebagai sumber daya yang utama.

 

Selain itu, Tokopedia akan selalu mengembangkan teknologi yang berkelas dunia untuk bisa membantu para juragan baik pedagang maupun pembeli serta memberikan pengalaman yang terbaik dalam bertransaksi di Tokopedia. Kepuasan pengguna akan selalu menjadi prioritas Tokopedia, dan fokus agar para pengguna lebih sukses dalam berbisnis.