Tubuh manusia sebagian terdiri dari cairan, baik berupa darah ataupun jenis lainnya. Oleh karena itu, tubuh kita selalu membutuhkan air minum dalam kesehariannya untuk menggantikan cairan tuhu yang hilang setelah beraktifitas dan air putihlah yang merupakan minuman paling baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh kita sehari – hari

Kita setiap hari membutuhkan minum, baik karena faktor alami tubuh ataupun karena haus kapan saja dan dimana saja. Namun tahukah anda apa saja manfaat air putih bagi tubuh kita ? Berikut beberapa rincian manfaat air putih bagi tubuh kita.

  • Membasahi persendian dan otot – Ternyata air minum juga bermanfaat untuk otot dan sendi kita agar bisa bergerak bebas. Kekurangan cairan bisa membuat tulah dan sendi kita terasa kaku dan mudah lelah.
  • Menjaga kelembaban dan kesegaran kulit – Air muinum juga berpengaruh terhadap kondisi kulit kita. Orang yang kekurangan air, bisa mengakibatkan kulit kering dan jaringan kulit terlihat kusam
  • Memenuhi kebutuhan cairan tubuh untuk mencegah dehidrasi – Air memiliki manfaat yang sangat penting untuk mencegah dehidrasi yang berakibat buruk pada tubuh kita. Kekurangan air akan membuat sirkulasi darah tidak lancar sehingga mengganggu fungsi oragan lain di dalam tubuh.
  • Membantu sistem pencernaan –Pernahkah anda mengalami sembelit ? Salah penyebabnya adalah karena kurangnya asupan air di dalam tubuh anda.

Kebutuhan akan air minum (air putih) masing – masiang manusia berbeda – beda. Baik faktor usia, umur, jenis kelamin dan faktor – faktor lain seperti kondisi tertentu. Orang yang sedang sakit demam harus meminum lebih banyak air dari pada orang normal. Demikian juga jika kondisi cuaca sedang panas dan kita mengeluarkan banyak keringat. Tentu asupan air putih harus diperbanyak untuk mencegah dehidrasi.

Ada beberapa kendala yang membuat kita sulit sekali memenuhi kebutuhan air minum yang ideal sehari – hari. Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa anda lakukan untuk mengatasi hal itu :

  • Mencoba untuk membiasakan minum air putih setiap bangun pagi dan sebelum tidur
  • Cobalah untuk menyiapkan botol dengan ukuran tertentu yang bisa kita jadikan patokan kebutuhan air minum kita sehari – hari.
  • Tumbuhkan kesadaran pada diri anda dengan membaca fakta tentang pentingnya air putih untuk kesehatan.