Sekolah adalah salah satu lingkungan yang paling berpengaruh terhadap perkembangan seorang anak. Bahkan di sekolah, seorang anak tak hanya mendapatkan ilmu secara akademik, tapi juga membentuk perilaku dan pola pikir yang akan dimiliki hingga mereka dewasa.

Inilah pentingnya memilih sekolah yang tepat dan berkualitas bagi setiap anak. Sekolah yang tepat tak hanya dilihat dari kurikulum yang dijalankan, tapi juga kualitas para guru. Mengapa? Karena guru memiliki peran penting terhadap banyak hal dalam diri seorang anak.

peran penting guru

“Guru yang baik memiliki beberapa kriteria penting, yaitu kemampuannya untuk menangani, memahami dan memotivasi siswanya dengan baik. Perbedaan antara guru yang lebih efektif dan yang bukan, tidak dilihat dari apa yang mereka ketahui, tapi pada apa yang mereka lakukan,” ungkap Brenton Hall, Kepala Sekolah Australian Independent School (AIS) dalam Media Workshop “What Great Teachers Do Differently”, Rabu (15/62016) di AIS Kemang, Jakarta Selatan.

Menurut dia, seorang guru haruslah menciptakan suasana positif dalam kelas dan mereka bisa memahami pentingnya apresiasi bagi siswa. Tak hanya itu, guru juga dituntut untuk menangani setiap siswanya sesuai dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

Guru yang baik juga harus memiliki kemampuan untuk merespon, bukan bereaksi terhadap perilaku siswa yang kurang baik sehingga bisa memperburuk situasi. Brenton melanjutkan bahwa mereka haruslah menetapkan harapan yang tinggi untuk siswa mereka dan harapan yang lebih tinggi untuk diri mereka sendiri.

“Ketika orangtua menitipkan anaknya kepada guru, maka guru memiliki tanggung jawab memotivasi dan mendukung siswa menemukan bakat dan minatnya masing-masing,” jelasnya.

Hal yang sama juga diyakini oleh John Anthony Milliss, Kepala Sekolah AIS Bali yang sudah kurang lebih 20 tahun menjadi pendidik. Menurutnya, anak-anak membutuhkan keterampilan di empat area untuk menghadapi masa depannya.

Yakni pemikiran yang kritis, komunikasi yang baik, kemampuan kolaborasi dan kreativitas. Hal inilah yang menurutnya harus dipersiapkan agar mereka menjadi pribadi yang selalu mampu menyelesaikan masalah, berjiwa pemimpin dan terampil dalam mengeksplorasi ide-ide baru.