Bahayanya Penyakit Pada Ibu Hamil

Penyakit Pada Ibu Hamil Dan Janin

Setiap wanita terutama yang sedang mengandung akan sangat berhati-hati dan terus menjaga kandunganya agar pertumbuhan dan perkembangan janin selalu dalam keadaan sehat. Apapun cara akan dilakukan baik itu mengonsumsi vitamin,buah dan sayur serta sering berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui perkembangan buah hati. Walaupun demikian, masih saja banyak hal yang terus menerus mengintai ibu hamil dan janinnya, baik itu dirasakan oleh ibu secara langsung berupa rasa nyeri yang tidak nyaman bahkan rasa sakit yang diakibatkan oleh penyakit dan virus.

Hampir semua wanita hamil beranggapan bahwa dirinya sehat serta terbebas dari berbagai penyakit yang berbahaya. Tanpa disadari penyakit tersebut terus mengintai sepanjang masa kehamilan bahkan setelah melahirkan. Hal tersebut dapat sangat berbahaya bagi ibu dan bayinya, penyakit tersebut  diataranya berupa anemia atau kekurangan helmoglobin dalam darah. anemia sangat berbahaya bagi ibu hamil karena dapat meningkatkan resiko kematian bagi ibu dan janin (Depkes RI, 2003) wanita hamil terkena anemia di dalam tubuh karena kekurangan zat besi (Depkes RI, 1998) tanda wanita hamil terkena anemia berupa sering merasa pusing dan lemas secara terus menerus.

Penyakit lainnya berupa underweight  (kekurangan berat badan) dan kurang gizi, kekurangan berat badan serta kekurangan gizi sangat berbahaya bagi ibu dan janin karena wanita hamil sangat membutuhkan gizi dan nutrisi yang cukup, kekurangan gizi pada ibu hamil akan berakibat bayi yang dilahirkan memiliki berat badan rendah bahkan kematian. Kemudian, penyakit herpes yakni terdapat benjolan kecil yang berkerumun pada bagian tubuh serta terdapat air didalamnya, herpes biasanya dirasakan kulit agak terbakar pada bagain tubuh yang terkena herpes. Selanjutnya ada campak, penyakit campak sangat berbahaya bagi ibu dan hamil karena penyakit ini termasuk dalam penyakit yang berbahaya bagi ibu dan janin.

Berdasarkan informasi diatas penyakit yang sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janin berupa anemia, underweight dan kekurangan gizi ,menjadi penyakit yang paling banyak ditemukan pada ibu hamil. Maka dari itu ketiga penyakit tersebut harus segera diobati bagi ibu yang sudah terkena dan lebih baik lagi mencegahnya dengan mengonsumsi beras hitam organik. Beras hitam memiliki kandungan vitamin serta mineral yang sangat bermanfaat salah satunya antosianin. Menurut yamagami pada tahun 1994 mengatakan bahwa kandungan antosianin sangat baik dan menguntungkan bagi kesehatan terutama sebagai antioksidan. Antioksidan dapat digunakan oleh tubuh untuk melawan berbagai penyakit yang berbahaya.