Banyak yang mengira menjadi guru adalah perkara mudah. Seorang guru dianggap hanya berdiri di depan dan menyampaikan materi saja. sebenarnya menjadi guru bukanlah profesi mudah. ia wajib menguasai materi secara baik dan memiliki pembawaan yang menarik. Banyak guru yang tidak disukai siswa karena beberapa faktor. Misalnya pembawaan yang killer, cara mengajar yang membosankan, dll. Agar menjadi guru yang disukai semua siswa anda wajib mengetahui beberapa triknya.

Seorang guru wajib memiliki pembawaan yang ramah. Hal ini akan membuat siswa menjadi lebih nyaman ketika berinteraksi dengan anda. selain itu teknik mengajar juga menjadi hal penting yang wajib anda terapkan agar kelas menjadi lebih menyenangkan. ada beberapa tips sederhana yang bisa membuat anda menjadi guru idola para siswa. Berikut ini beberapa ulasan menariknya yang bisa anda coba terapkan.

1. Mudah tersenyum

Siswa paling senang dengan guru yang murah senyum. Image yang didapat guru murah senyum adalah guru yang menyenangkan. siswa merasa takut dan tertekan ketika belajar dengan guru yang mahal akan senyuman. Maka dari itu cobalah ramah kepada siapapun. Namun jangan terlalu mengumbar senyum karena bisa jadi bahan ledekan para siswa. Lakukan sewajarnya dalam porsi tepat.

2. Humoris

Banyak siswa yang menyukai guru humoris. Waktu belajar menjadi lebih menyenangkan. guru yang humoris kerap dinanti kedatangannya oleh para siswa. Memang belajar mesti dilakukan secara serius. Namun bukan berarti anda tidak boleh menyelipkan sedikit candaan ketika mengajar. Suasana kelas yang cair akan membuat interaksi anda dan siswa menjadi lebih baik.

3. Menguasai bahan ajar

Tidak semua guru mampu menguasai bahan ajar secara baik. jika guru benar-benar berkompeten akan memberikan rasa segan dan nilai plus tersendiri di mata siswa. Ia mampu menjawab setiap pertanyaan dari siswa terkait materi secara baik. menguasai bahan ajar juga mesti dibarengi dengan cara penyampaian yang sederhana dan mudah dipahami. Hal ini akan menjadikan anda sebagai guru favorit banyak siswa.

4. Berpenampilan menarik

Penampilan menarik bukan sebatas cantik atau tampan saja. seorang guru tentu menguasai materi pelayanan prima. Maka dari itu praktekan langsung ketika mengajar. Berpenampilan rapih dan bersih sudah cukup menarik para siswa. Selain itu penampilan yang rapi dan menarik juga menjadi panutan positif para siswa.

5. Menyampaikan materi lewat permainan

Materi tidak hanya disampaikan secara baku. Seorang guru perlu inovasi agar kelasnya tidak membosankan. Siswa sangat suka bermain maka dari itu anda bisa menyelipkan sesi permainan yang berisi materi didalamnya. teknik ini sangat berguna mencairkan suasana kelas. Selain itu siswa menjadi lebih ceria dan mudah menangkap materi yang anda ajarkan.

Cobalah lakukan tips diatas agar anda menjadi sosok guru paling dinantikan kehadirannya di kelas anda. selamat mencoba dan semoga bermanfaat.