Artikel merupakan tulisan atau karangan yang dibuat untuk memberikan satu informasi tertentu kepada orang lain. Artikel bisa terbagi menjadi beberapa tema diantaranya artikel informatif, deskriptif, narasi dan lain sebagainya. Tentu anda masih ingat ketika mendapatkan perlajaran bahasa Indonesia di saat mengenyam pendidikan sekolah.

Sekarang ini, artikel sangat mudah kita buat dengan mencari sumber – sumber dari internet. Ada jutaan artikel yang sudah terposting di berbagai website atau blog di dunia maya. Namun bukan berarti kita dapat dengan mudah mencontek bahkan mengambil diam – diam artikel tersebut.

tips mudah menulis artikel

Memang kita juga tidak dapat memastikan bahwa artikel yang diposting tersebut hasil karya sipembuatnya. Bisa jadi juga hasil kopi paste, tapi tetap saja. Mengambil sesuatu yang bukan milik kita, sama saja mencuri.

Lain halnya dengan meniru idenya, atau mempelajari isinya kemudian menulisnya kembali denagn bahasa sendiri. Hal itu bukanlah plagiat dan tidak bisa disalahkan. Berikut ini beberapa tips menulis artikel dengan mudah versi saya.

1. Tentukan Tema

Tema adalah sesuatu yang penting dalam penulisan artikel. Tema akan membuat kita tidak terlalu lebar dalam menulis. Tema juga akan membuat kita lebih terarah dalam menulis. Jadi tentukan tema tulisan anda sebelum anda mulai menulis.

2. Tentukan Judul (Kata Kunci) Dan Alur Tulisan

Setelah menemukan judul atau kata kunci yang tepat, jangan lupa tentukan juga alur tulisan. Yakni, pembaca anda akan dibawa kemana melalui tulisan anda. Alur ini bisa kita tuliskan dalam bentuk draft atau kerangka yang akan menjadi setiap paragraf nantinya.

3. Kembangkan Menjadi Paragraf

Sebelum memulai mengembangkan paragraf. Di sini anda membutuhkan referensi terkait dengan tema, judul dan kerangka yang sudah anda susun. Dalam hal ini anda bisa mencari sumber dari internet, namun tidak boleh anda comot secara langsung. Baca, pelajari, resapi kemudian anda tuangkan dalam tulisan dengan gaya bahasa anda sendiri.

Jadilah satu buah karya tulis atau artikel yang sudah kita susun dengan gaya bahasan sendiri dengan mengambil referensi atau sumber – sumber dari internet. Diolah dan disusun sesuai dengan alur yang sudah kita pikirkan sebelumnya.